Strategi Digital Marketing Era Covid-19
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
DIGITAL MARKETING
Saat ini kebutuhan mengenai
digital marketing begitu penting bagi para wirausahawan muda, karena kemajuan
teknologi mengenai informasi dan komunikasi di era digital menjadi hal wajib
untuk dipahami dan dilakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran bagi dunia
kewirausahaan. Pada era pandemi Covid-19 semakin mengakselerasi dan membuktikan
betapa pentingnya digital marketing bagi dunia kewirausahaan karena ketika
seseorang tidak dapat mengakses secara konvensional maka media digital menjadi
suatu solusi pada masa pandemi sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi
para wirausahawan untuk tetap bisa melakukan pemasaran melalui media digital.
Sebelum kita masuk tentang
apa sih itu digital marketing dan bagaimana cara mengimplementasi digital
marketing dimulai dari merancang sebuah strategi yang menggunakan konsep
digital marketing dan melakukan evaluasi atau kontroling, maka ada beberapa
data yang perlu diketahui supaya kita mendapat sebuah gambaran yang jelas
tentang kondisi saat ini dan mengapa digital marketing begitu penting untuk
dipelajari dalam konsep kewirausahaan.
Mengapa
Digital Marketing Penting?
Digital marketing penting
untuk menjadi bahan pertimbangkan bagi para wirausaha muda untuk menjadikan
digital teknologi sebagai bagian dari strategi pemasaran. Berikut data utama penting
yang Anda butuhkan untuk memahami pengguna seluler, internet dan media sosial
pada Januari 2019.
- · Total
populasi : 268.2 Juta
- · Pengguna
internet : 150 Juta
- · Aktif
sosial media : 150 Juta
- · Pengguna
mobile phone : 130 Juta
Maka dari itu mengapa beberapa pemasaran saat ini menggunakan media sosial sebagai media pemasarannya mengingat bahwa banyak konsumen yang aktif menggunakan sosial media melalui smartphone.
Pada tahun 2020 terdapat
indikator perubahan pertumbuhan digital terutama adopsi digital.
- · Total
populasi : populasi penduduk bertambah 1.1% atau sebesar 2.9 Juta
- · Pengguna
mobile phone : 4.6% atau sebesar 15 Juta
- · Pengunna
internet : 17% atau sebesar 25 Juta
- · Aktif
media sosial : 8.1% atau sebesar 12 Juta
Data tersebut membuktikan pertumbuhan penggunan media sosial sangat cepat dibanding pertumbuhan populasi itu sendiri, hal ini seharusnya dipandang positif bagi para wirausahawan sebagai peluang. Munculya satu pola baru dalam konsumen bahwa kita harus mempertimbangkan media digital sebagai bagian dari strategi pemasaran.
Berikut dari hasil survey
waktu rata-rata yang dihabiskan untuk berinteraksi dengan media pada Januari
2019.
- · Penggunaan
internet melalui perangkat apapun : 8 jam 36 menit
- · Penguna
sosial media melalui peangkat apapun : 3 jam 26 menit
- · Menonton
Tv (siaran, streaming, dan video : 2 jam 52 menit
- · Mendengarkan
streaming musik : 1 jam 22 menit
Internet yang kita akses saat kita memulai aktivtas sampai dengan mengakhiri aktivitas bisa menjadikan peluang besar bagi wirausahawan untuk menggunakan digital sebagai media promosi atau pemsaran. Kenyataan bahwa pandemi Covid-19 mengakselerasi pengunaan media digital, ketika kita dibatasi untuk beraktivitas di luar rumah maka semakin banyak waktu yang kita habiskan untuk mengakses media sosial.
Pada hasil survey Januari 2019
melaporkan presentasi pengunaan platform media sosial sebagai berikut.
- · Youtube
: 88%
- · Whatsaap
: 83%
- · Facebook
: 81%
- · Instagram
: 80%
- · Line
: 59%
- · Twitter
: 52%
Ini menjadi suatu informasi bagi para pelaku usaha, untuk bisa mempertimbangkan bahwa harus memasang iklan melalui media sosial platform sebagai media pemasaran
Bagaimana
Merancang Strategi Marketing?
Lalu bagaimana cara
merancang rencana strategi yang dilakukan agar usaha kita berkembang dan lebih
dikenal dan mampu berdaya saing, maka kita harus menggunakan SOSTAC marketing
diagram
SOSTAC Marketing |
Situation Analysis (where
are we now?)
- · Kinerja
sasaran 5S
- · Wawasan
pelanggan
- · E-marketplace
SWOT
- · Presepsi
merek
- · Kemampuan
dan sumber daya internal
Objectives (where do want to
be?)
- · Sell,
akuisisi pelanggan dan retensi
- · Serve,
target kepuasan pelanggan
- · Sizzle,
situs stickiness dan durasi kunjungan
- · Speak,
uji coba; number of engaged
- · Save,
peningkatan efisiensi terukur
Strategy (how do we get
there?)
- · Segmentasi,
penargetan, dan pemosisian
- · OVP
(proposisi nilai online)
- · Urutan
(kredibilitas sebelum visibilitas)
- · Integrasi
(OVP konstan) dan database
- · Alat
(fungsi web, email, IPTV, dll)
Tactics (how exaclty do we get there?)
- Pecampuran pemasaran, termasuk: percampuran komunikasi, jejaring sosial dan apa yang terjadi
- · Detail
strategi kontak
- · Jadwal
inisiatif berkampanye
Action (the details of
tactics, who does what and when)
- · Tanggung
jawab dan struktur
- · Sumber
daya dan keterampilan internal
- · Badan
eksternal
Control (how do we monitor
performance?)
- · 5S+analitik
web
- · Pengujian
kegunaan / mystery shopper
- · Survei
kepuasan pelanggan
- · Pembuatan
profil pengunjung situs
- · Frekuensi
laporan
- · Proses pelaporan dan tindakan
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar