Tips&Trik Menyusun Rencana Bisnis
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Dalam membuat sebuah bisnis kita harus memerlukan suatu rencana yang matang agar bisnis tersebut akan tetap berjalan hingga bertahun-tahun, maka dari itu kita harus mempelajari tentang perencanaan bisnis. Pasti disini teman-teman bertanya tentang apa sih itu rencana bisnis? Mengapa kita harus membuat perencanaan bisnis? Dan bagaimana sih cara kita menyusun dokumen rencana bisnis yang baik? Kalau begitu mari kita bahas...
Apasih
Rencana Bisnis Itu?
Rencana bisnis atau bisnis plan merupakan
dokumen tertulis yang merinci tentang suatu usaha atau bisnis. Dapat dikatakan
juga rencana bisnis itu adalah peta jalan bisnis yang mencakup informasi saat
ini, kebutuhan mendatang dan hasil yang diharapkan dari usaha atau bisnis baru
tersebut.
Ketika kita mempunyai suatu tujuan maka harus
ada peta sebagai petunjuk untuk mencapai tujuan tersebut, sama halnya ketika
kita merintis sebuah bisnis. Kita tidak bisa mengandalkan pengetahuan yang ada
di dalam otak kita tetapi harus dituangkan dalam sebuah dokumen tertulis.
Perbedaan
Rencana Bisnis dan Perencanaan Bisnis
Dimensi |
Rencana Bisnis
(Business Plan) |
Perencanaan Bisnis
(Business Planning) |
Waktu |
Pembentukan
organisasi baru (organisasi, produk ataupun jasa) |
Pengembangan
organisasi, produk atau jasa yang dimiliki |
Komplek-sitas |
Sederhana |
Sangat
kompleks dan holistik |
Struktur |
Fokus
pada 3 hal utama : ide bisnis, pemasaran dan keuangan (sumber modal) |
Menyeluruh
mencakup pengembangan semua struktur dan fungsi organisasi |
Jangka Waktu |
Perencanaan
jangka pendek (3-7 tahun) |
Perencanaan
strategis jangka panjang (lebih dari 10 tahun) |
Mengapa
Kita Harus Membuat Rencana Bisnis?
Bahwa secara statistik dari rencana bisnis baru
yang dibuat hanya sedikit yang bisa berhasil dan bertahan hanya selama 3 tahun.
Banyak dari bisnis yang baru dirintis mengalami kegagalan, salah satunya adalah
mereka tidak memiliki rencana bisnis yang baik. Oleh karenanya kita harus
membuat pertimbangan dalam rencana bisnis, yaitu :
- Mengurangi resiko
bisnis
- Kerumitan dalam proses
produksi dan transaksi bisnis
- Pembaca rencana
bisnis contohnya (Investor, Lembaga pinjaman, Mitra)
- Merupakan langkah
awal menjadi wirausaha
- Alat bantu dalam
mensistemasikan logika bisnis
Bagaimana
Cara Menyusun Rencana Bisnis Yang Baik?
Meskipun hanya sebuah dokumen rencana tetapi ingat dalam sebuah dokumen kita harus melampirkan informasi yang lengkap mengenai rencana bisnis yang akan dibuat. Berikut unsur-unsur menyusun rencana bisnis yang baik diantaranya :
- Singkat dan padat
- Terorganisisr rapi dengan penampilan menarik
- Rencana yang menjanjikan terkait bisnis yang akan dibuat
- Hindari melebih-lebihkan proyeksi bisnis
- Kemukakan resiko-resiko bisnis yang signifikan terkait bisnis
- Tim tepercaya dan efektif
- Fokus
- Target pasar bisnis jelas
- Realistis
- Spesifik
Hal
Mendasar Dalam Membuat Rencana Bisnis
- Awali dengan ide bisnis yang berpeluang dan berpotensi tinggi
- Ide bisnis sebagai jawaban
- Yakin bahwa anda adalah orang yang tepat dalam mengeksekusi bisnis
- Cara menghasilkan keuntungan
- Siapa atau target pembeli produk anda
- Dana awal untuk memulai bisnis
Komponen Utama Rencana Bisnis
- Konsep Bisnis : bidang industri,struktur bisnis, penawaran produk/jasa, cara mensukseskan bisnis
- Pasar (market) : konsumen potensial, alasan pembelian, kondisi persaingan, posisi dalam persaingan
- Rencana
keuangan : estimasi pendapatan, analisis break
event point, laporan keuangan (cash
flow)
- Manajemen dan Organisasi : SDM, struktur organisasi, uraian tugas
Sistematika Rencana Bisnis
1.
Ringkasan
eksekutif
a.
Konsep
bisnis
b.
Misi
perusahaan
c.
Produk/jasa
d.
Persaingan
e.
Target
dan ukuran pasar
f.
Strategi
pemasaran
g.
Tim
manajemen
h.
Keuangan
2.
Deskripsi
perusahaan dan bisnis
a.
Identitas
perusahaan : nama, lokasi, badan hukum
b.
Visi
dan misi perusahaan
c.
Gambaran
sekilas tentang produk/jasa
d.
Perkembangan
perusahaan dan bisnis
e.
Status
hukum dan kepemilikan
3.
Strategi
pemasaran
a.
Tren
dan pertumbuhan industri
b.
Gambaran
bisnis
c.
Ukuran
dan tren pasar
d.
Peluang
strategis
e.
Target
pasar
f.
Karakteristik
pasar
4.
Analisis
persaingan
a.
Tingkat
pesaing
b.
Posisi
dalam persaingan
c.
Distribusi
pangsa pasar
d.
Kelebihan
dibanding pesaing
5.
Rencana
desain dan pengembangan
a.
Tujuan
usaha jangka panjang
b.
Strategi
c.
Sasaran
dan jadwal pencapaian (milestones)
d.
Evaluasi
resiko
e. Exit plan
6.
Rencana
operasi dan manajemen
a.
Fasilitas
b.
Proses
produksi
c.
Pengendalian
persediaan
d.
Pasokan
dan distribusi
e.
R&D
atau pengembangan produk
f.
Kontrol
keuangan
g.
Tim
manajemen
h.
Konsultan
i.
Lain-lain
7.
Analisis
rencana keuangan
a.
Proyeksi
pendapatan
b.
Proyeksi
aliran kas
c.
Neraca
d.
Sumber
modal dan penggunaan
e.
Asumsi
yang digunakan
f.
Analisis
break-even, pengembalian modal (payback period), IRR dan NPV
8.
Lampiran
a.
Kontrak
b.
Rekomendasi
c.
Foto-foto
lokasi dan produk/jasa
d.
Rincian
keuangan
e.
Resume
Dalam hal ini rencana bisnis merupakan
langkah awal untuk menjadi wirausaha sukses, tuangkanlah ide-ide usaha yang
akan dijalankan dalam bentuk dokumentasi sehingga hal ini menjadi acuan bagi
anda dalam menjalankan sebuah usaha hingga berhasil.
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar